Menggunakan Live Chat untuk Customer Service

Live Chat – Perusahaan komersial sangat disarankan untuk memanfaatkan aplikasi live chat guna menyediakan layanan customer service bagi kustomer mereka. Perusahaan besar biasa menggunakan live chat sebagai media komunikasi langsung dengan pasar mereka.

Untuk bisa memungkinkan fasilitas ini, yang bisa diakses melalui website perusahaan, bisa dengan memasang software live chat. Kita harus melewati serial proses dan registrasi untuk mengaktifkan perangkat lunak ini.

Karena software ini tersedia dengan ragam jenis dan harganya relatif tidak mahal, makin banyak perusahaan menjadikanya sebagai fitur interakitf di website mereka. Dengan cara yang hemat dalam menghimpun informasi melalui masyarakat secara langsung, perusahaan itu ke depannya tentu bisa memberikan layanan yang lebih baik.

Bagaimana menentukan software live chat yang tepat untuk layanan customer service perusahaan Anda? Berikut tipsnya…

  1. Carilah software live chat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan yang teknologinya sekiranya mudah Anda ikuti. Beberapa software ada yang tidak perlu diunduh dan bisa langsung dioperasikan sepanjang ada hubungan internet, sementara ada juga yang perlu diinstal.
  2. Pilih salah satu, antara software live chat yang operasinya berdasarkan voice chat atau text chat. Dengan begitu Anda bisa mengontrol tingkatan komitmen finansial, karena biasanya voice chat lebih mahal. Tapi tentunya untuk tingkatan kedekatan, kustomer lebih nyaman berbicara ketimbang mengetik. Di sisi lain, satu petugas customer service bisa melayani lebih dari satu ‘panggilan’ dengan pilihan text chat.
  3. Bila Anda ingin membuka line ataupun hotline customer service 24 jam, sekaligus ingin menekan biaya, gunakan software live chat. Menugaskan seorang customer service 24 jam penuh membutuhkan biaya sangat besar. Dengan text chat, akan sangat mudah bagi dia, karena bisa dilakukan di rumah.
  4. Gunakan software live chat bila ingin memanfaatkan customer service sebagai alat penjualan dan menyediakan support kustomer one-on-one. Ada juga software yang memungkinkan Anda untuk memulai percakapan dan menawarkan bantuan segera saat seorang kustomer masuk ke website perusahaan Anda.

Kelebihan live chat selain sebagai media komunikasi, juga bisa menjadi salah satu media untuk mencari tahu traffic website, monitor aoa yang biasanya dilakukan pengunjung website, dan halaman mana yang paling banyak dikunjungi. Melalui live chat juga bisa membantu Anda untuk memahami selera dan pilihan kustomer, jadi Anda bisa memodifikasi website Anda agar lebih bisa menarik lagi dari segi bisnis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: