Rental Mobil Listrik

Rental mobil konvensional secara bisnis memang menggiurkan. Sayangnya mobil konvesional saat ini tidak zero emission alias nihil emisi (karbon). Alhasil tidak ramah lingkungan. Meski begitu, masih bisa diakali dengan mengupayakan penghematan dalam menggunakan bahan bakar fosil dan rajin merawat mobil, apalagi untuk jasa rental mobil.

Tapi di Paris, Perancis, sudah ada terobosan baru dalam industri rental mobil. Kota romantis ini resmi meluncurkan jasa rental mobil listrik. Selain untuk mengurangi kemacetan di jalan-jalan utama, terobosan ini tentunya bisa membantu usaha dunia dalam menekan jumlah emisi karbon di atmosfer.

Reuters melaporkan, kendaraan yang digunakan adalah Bluecar buatan Autolib, merek yang dimiliki usahawan Prancis Vincet Bollore. Bluecar yang merupakan sedan buntung mungil itu menggunakan baterai litium-metal-polimer. Harga sewa untuk 30 menit adalah 4 hingga 8 euro. Penyewa harus terlebih dulu punya kartu anggota Autolib seharga 10 euro (sekitar Rp12.500).

Kenapa mobil ini diyakini bisa mengurangi kemacetan? Menurut General Manajer Autolob Morald Chibout, kehadiran rental mobil listrik ini bisa mengubah konsep orang kebanyakan, bahwa untuk mengendarai mobil harus memilikinya dulu. Kehadiran Bluecar tidak akan mengancam rental mobil konvesional, karena hanya berlaku untuk jarak dekat. Bluecar punya jarak tempuh 250 km sebelum harus diisi ulang selama 4 jam. Saat ini tersedia 66 kendaraan dan 33 stasiun rental. Nantinya, pada akhir 2012, akan ada 3 ribu kendaraan dan lebih dari seribu stasiun rental mobil listrik.

Source: euronews.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: