Memilih Mobil Bekas untuk Usaha Sewa Mobil

Usaha sewa mobil sampai saat ini masih menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Kalau Anda ingin merintis bisnis ini bisa mengawalinya sejak dini. Tapi bila modal Anda terbatas untuk menyediakan mobil baru untuk disewakan, Anda bisa mencari kerabat yang ingin menitipkan mobilnya di jasa sewa mobil. Tapi apabila cara itu kurang berkenan bagi Anda, dan Anda lebih memilih membeli mobil bekas untuk usaha sewa mobil Anda, ada beberapa hal yang wajib ditanyakan ketika membeli mobil bekas dari pemiliknya langsung.

Jarak tempuh atau kilometer

Informasi pertama yang harus Anda ketahui adalah sudah berapa jauh jarak/kilometer mobil itu. Anda bisa menanyakannya langsung pada pemiliknya sambil melihat angka pada odometernya. Jika Anda menaksir jarak tempat tinggal si pemilik ke kantornya tidaklah jauh, tanyakan ke mana saja mobil ini dibawa, apakah sering melewati daerah yang kondisi jalannya tidak baik.  Apabila dia mengakuinya, poin ini patut mendapat perhatian besar.

Kecelakaan

Tanyakan riwayat mobil itu, apakah pernah mengalami kecelekaan, lkapan terjadinya, alu kecelakaan seperti apa, apa saja perbaikannya.  Anda cek bodi mobil apakah masih terdapat jejak atau cacat akibat kecelakaan.

Buku Catatan Servis
Dengan mengecek buku servis mobil itu, Anda bisa mengetahui apakah si pemilik rajin melakukan perawatan mobil itu di bengkel yang tepat. Bila isi buku tersebut tidak banyak terisi, Anda patut mempertanyakan kondisi mobil itu. Sekalipun si pemilik mengaku rajin merawat mobilnya, di bengkel yang Anda ketahui tidak jelas garansinya.

Dokumen Pendukung
Kesediaan dokumen pendukung sangatlah penting, seperti kelengkapan BPKB, STNK, dan bahkan pajak. Pastikan apakah surat-surat tersebut asli dan legal. Akan lebih baik bila nama yang tertera adalah nama si pemilik.

Kepemilikan
Tanyakan sebelum jatuh ke tangan pemiliknya sekarang, apakah mobil itu sebelumnya berpindah tangan. Bila itu adalah mobil baru, tidak akan merepotkan. Tapi bila mobi itu statusnya juga mobil bekas, hal ini berpengaruh pada keprimaan mobil itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: