Keuntungan Program Kasir Terintegrasi

Program kasir sebelum ada komputer berjalan serba manual. Seorang kasir mencatat di buku keuangan. Karena itu ada istilah pembukuan. Sekarang, mencatat transaksi di atas kertas bukan zamannya lagi. Sekarang sudah ada teknologi bernama mesin kasir yang bisa mempermudah pekerjaan seorang kasir.

Mesin kasir yang umum beredar dipasaran sudah menjadi satu, yang terdiri dari perangkat lunak atau program kasir dan perangkat kerasnya yang berfungsi sebagai pencetak nota atau tagihan. Tapi mesin kasir konvensional menjadi kurang memadai akibat tuntutan yang kian rumit dari pencatatan transaksi yang lebih detail, yang bahkan meliputi akuntansi. Alhasil, antara program kasir dan perangkat kerasnya dirakit secara terpisah. Kelebihan dari hal ini adalah pemakai bisa mengoptimalkan fitur-fitur yang digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dari sisi harga pun, pengguna bisa memperoleh harga yang sesuai anggaran.

Tapi meski begitu, penggunaan secara terpisah juga ada kekurangannya, yakni masalah kompatibilitas. Kadang program kasir tidak cocok dengan perangkat kerasnya. Begitu juga sebaliknya. Kalau Anda tidak ingin mengalami hal di atas, lebih baik memilih mesin kasir yang memang sudah terintegrasi antara software dan hardware-nya. Tapi semuanya kembali kepada kebutuhan dan bujet Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: