Memperbaiki Action Figures

Action figures bisa saja rusak karena sering menjadi mainan, kecelakaan, atau bahkan faktor usia. Kalau hanya kerusakan kecil yang terjadi, seperti goresan, penyok, tercungkil, atau ada bekas gigitan, Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan peralatan seadanya, ditambah kesabaran.

Teknik berbeda berlaku untuk setiap kerusakan, misalnya kerusakan di bagian kepala, tangan, bahkan tungkai lengan. Semuanya bisa Anda lakukan sendiri. Tapi bila Anda kurang percaya diri, action figures yang rusak sebaiknya dibawa ke ahlinya. Sementara bagi Anda yang ingin mencoba sendiri, silakan cek tips berikut.

Memperbaiki cungkilan, goresan, atau penyok

1. Oleskan dempul epoxy atau dempul lainnya yang biasa dipakai untuk memahat, di area yang mengalami kerusakan.

2. Biarkan sesaat sampai dempul mengering, lalu poles perlahan-lahan dengan amplas yang belum dipakai.

3. Cat bagian yang didempul tadi dengan cat minyak atau cat acrylic untuk menyesuaikan hasil perbaikan tadi dengan kondisi action figures yang sebenarnya.

Mengganti kepala, tungkai kaki dan tangan

1. Rendam action figures dalam air hangat lalu keringkan, atau bisa juga langsung di hair-dry sebelum memisahkan bagian tubuh yang akan diganti. Kepala dan tangan biasanya direkatkan dengan pengait kecil, dan lengan dan kaki biasanya direkatkan menyatu dengan batang tubuh dengan pengait cukup besar. Siku dan lutut kadang direkatkan dengan pin kecul. Saat tubuh action figures ‘melembek’ saat direndam di air hangat tadi atau saat di hair-dry, copot bagian tubuh mereka secara sangat hati-hati agar tidak ada bagian tubuh yang rusak.

2. Gunakan obeng dengan ujungnya yang datar untuk membuka bagian depan dan belakang batang tubuh action figures untuk melepas bahu atau pinggul. Bongkar dengan kehatian-hatian tingkat tinggi agar tidak ada bagian dari batang tubuh yang tercerai berai.

3. Ganti bagian tubuh tersebut dengan bagian tubuh action figures yang persis dengan action figures Anda, dan hati-hati dalam menyatukan kembali.

4. Ganti bahu atau pinggul terlebih dahulu (bila ingin diganti). Gunakan lem super untuk merekatkan.

5. Cat bagian tubuh yang diganti agar matching dengan action figures Anda. Demikian sebagian kiat memperbaiki action figures Anda.

Selamat mencoba!

source: ehow.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: