Kesalahan Pengusaha Pemula

Program Akuntansi – Ada satu kesalahan pengusaha pemula yang acapkali dilakukan, tapi bisa bikin rugi usaha, yaitu menyepelekan pengeluaran-pengeluaran kecil.

Pengeluaran seperti membeli kertas polos, tinta printer, pensil, pulpen, foto kopi, transportasi, dan lain-lain, adalah pengeluaran rutin yang lepas dari pencatatan keuangan. Tapi bila Anda peduli pada pengeluaran jenis ini, dengan mumai mencatatnya dan kemudian dicek di akhir bulan, Anda akan kaget dengan angka yang bakal muncul. Yang lebih miris adalah pengeluaran tersebut bukanlah pengeluaran yang produktif, yang tidak bisa diandalkan untuk meningkatkan produksi barang atau jasa dari usaha Anda. Padahal ada yang namanya program akuntansi yang mempermudah kinerja usaha Anda dalam mengatur dan mengendalikan keuangan perusahaan.

Bila Anda tidak paham akuntansi, sementara Anda saat ini masih usahawan single fighter, ada banyak program akuntansi yang bisa membantu Anda. Tinggal pilih program akuntansi sesuai kebutuhan Anda, dan pelajari manual pengoperasiannya.

Dengan beragam program akuntansi, pencatatan keuangan Anda lebih gampang. Sehingga pengeluaran kecil seperti disebutkan di atas bisa dikendalikan. Dengan kata lain, pengeluaran kecil, walau tidak bernilai tinggi, wajib masuk pembukuan Anda. Tapi bukan berarti untuk pengeluaran kecil ini mesti masuk juga dalam anggaran besar keuangan perusahaan.

Dengan pembukuan yang jelas dan detail, Anda bisa mengetahui kewajaran biaya pengeluaran yang bersifat tetek bengek. Karena itu jangan ragu mengandalkan program akuntansi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: