Memilih Kertas untuk Cetak Foto Digital

Cetak Foto – Ada banyak macam kertas tersedia untuk tujuan cetak foto. Tapi tidak semua kertas foto itu pas untuk segala jenis teknik cetak foto. Karena masing-masing kertas terbuat dari komposisi material yang berbeda, yang tidak selalu kompatibel dengan jenis printer. Lalu kertas foto yang seperti apa yang cocok dengan cetak foto digital?

Untuk kertas foto modern (istilah untuk kertas foto digital) selalu dilapisi dengan resin sehingga kertas lebih kompatibel dengan inkjet dan printer laser foto. Pada dasarnya ada empat jenis kertas cetak foto yang paling sering digunakan.

  1. kertas foto matte –  Memungkinkan Anda untuk mencetak gambar yang terlihat seperti kertas foto film tradisional tetapi tidak terlalu cerah; permukaannya agak glossy. Dengan jenis kertas ini, warna tidak akan redup, bekas sidik jari tidak akan muncul dan agak kesilauan.
  2. kertas foto semi glossy – Tipe ini memungkinkan Anda untuk mencetak foto yang memiliki tingkat gloss yang rendah. Warna alam, khususnya warna kulit tampak lebih realistis pada kertas-kertas ini. Dengan kata lain, warna yang dihasilkan oleh kertas ini berkualitas tinggi. Di sisi lain, sangat rentan terhadap jejak seperti sidik jari.
  3. kertas foto gloss rendah – Jenis ini adalah untuk hasil gambar berkualitas, bisa menjadi pilihan pertama Anda bila ingin mendapatkan hasil cetak foto yang cerah dan menonjol.
  4. kertas foto gloss tinggi –  kerta jenis yang satu ini memiliki kualitas paling unggul dibandingkan dengan jenis kertas foto lainnya, dan yang paling mahal. Tapi hasilnya tidak akan mengecewakan Anda.

Setelah mengenal jenis-jenis kertas foto yang kompatibel dengan cetak foto digital, Anda pasti sudah tahu kan kertas mana yang akan Anda pilih. Sesuaikan dengan tujuan dan hasil yang Anda harapkan.

Sebagai tambahan, bila Anda ingin hasil cetak foto digital Anda awet, pilihlah merek kertas yang produknya tidak memiliki komposisi asam. Asam dalam kandungan material kertas, bisa mempercepat pemudaran warna gambar pada hasil cetak foto digital Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: