Untung Rugi Sewa Mobil atau Beli Mobil

Sewa mobil menjadi alternatif dalam hal transportasi, terutama bagi mereka yang mau berepergian jauh, tapi tidak punya mobil sendiri. Sebenarnya lebih menguntungkan mana, antara memiliki mobil dengan memanfaatkan sewa mobil?

Jika pertanyaan di atas dilontarkan, akan ada beragam jawaban. Apa saja jawabannya, silakan dicek di bawah ini…

Sewa Mobil

(+) Terlepas dari biaya perawatan rutin yang kita keluarkan untuk menjaga kondisi mobil sehingga bisa bekerja secara maksimal.

(+) Tidak perlu membayarkan pajak kendaraan karena pajak tersebut sudah menjadi tanggungan dari perusahaan persewaan mobil.

(+) Saat ini sewa mobil murah sudah banyak terdapat di berbagai kota di Indonesia, sehingga semakin leluasa dalam memilih.

(+) Bisa memilih berapa lama akan menyewa mobil, sewa mobil harian atau mingguan tergantung kebutuhan. Sehingga jika waktu sewa sudah berakhir kita tidak lagi dibebani dengan perawatan mobil. Bahkan ada juga perusahaan dimana selama kita sewa mobil perawatannya sudah menjadi tanggung jawab perusahaan tersebut.

(-) Dibayangi oleh biaya sewa.

Mobil Sendiri

(-) Dengan memiliki sebuah mobil kita diharuskan melakukan perawatan mobil secara berkala, Perawatan secara berkala disini meliputi mesin dan komponen-komponen pendukung lainnya. Jika perawatan tersebut tidak kita lakukan kinerja dari mobil kitapun tidak akan maksimal. Sehingga tentu saja akan berakibat konsumsi bahan bakar semakin besar.

(-) Harus membayarkan pajak kendaraan setiap tahunnya agar supaya bisa dipakai di jalan raya.

(+) Bisa lebih leluasa memakai mobil sendiri tanpa terbatasi oleh waktu sewa mobil. Jadi jika intensitas pemakaian mobil tinggi, dengan memiliki sebuah mobil kita mendapatkan manfaat yang lebih. Jika prosentase pemakaian mobil kita lebih banyak, memiliki sebuah mobil adalah sebuah penghematan, dibandingkan jika kita sewa mobil.

Mana yang lebih untung, jawabannya kembali pada kebutuhan kita. Kalau mobilitas keseharian kita tinggi, memiliki mobil sendiri bisa menjadi penghematan. Bila pemakaian jarang, sewa mobil tentu lebih ringan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: