Mainan untuk Balita

Banyak yang mengira memilih mainan di toko mainan adalah hal mudah. Tapi saat kita masuk ke sebuah toko mainan, yang ada kita mendadak bingung pilih yang mana. Karena begitu banyak jenis mainan yang tersedia di rak. Dari permainan ketangkasan, permainan suara, permainan visual dan permainan lainnya.

Akhirnya banyak orang tua mengajukan pertanyaan apa sih benefit dari permainan balita yang memiliki suara, cahaya dan musik?

Banyak sekali mainan untuk balita memiliki tombol-tombol khusus yang bisa mengeluarkan suara, musik, cahaya dan sebagainya. Seringkali mainan seperti ini dipasarkan sebagai mainan untuk perkembangan balita, karena mainan tersebut memiliki banyak perbedaan fungsi.

Sayangnya, permainan ini justru bertentangan untuk balita. Semakin banyak fungsi sebuah mainan, akan semakin sedikit aktivitas yang dilakukan oleh balita. Jika balita Anda dapat duduk sambil menyaksikan pertunjukan dari mainannya itu, maka permainan itu lebih ke sisi menghibur ketimbang mendidik. Belum lagi, mainan itu akan membingungkan si anak yang sedang belajar sebab akibat.

Pendeknya, mainan yang paling bermanfaat adalah permainan yang membutuhkan aktivitas si anak. Semakin sering si anak bermain dengan menggunakan pikiran dan tubuh untuk mengerjakan sesuatu, semakin banyak yang mereka pelajari.

Jadi jangan lagi mudah terjebak oleh serangan iklan yang mengatakan produk mainan mereka bisa mencerdaskan Anak Anda. Karena sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan permainan anak-anak bisa meningkatkan intelejensia mereka. Ingat, semakin sering anak Anda menggunakan pikiran dan tubuhnya untuk memecahkan masalah dan mengembangkan gagasannya sendiri, semakin besar ia belajar.

Source: main.zerotothree.org/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: