Evolusi baju renang

Perkembangan baju wanita dengan keanekaragaman jenis dan modelnya ternyata punya sejarah yang menarik. Contohnya baju renang, yang sejak era Victoria sampai saat ini, terus berkembang seiring perjalanan waktu. Seperti apa perjalanan baju renang wanita, sampai sekarang? Ini dia evolusinya…

Tanpa pakaian

Pakaian renang pertama tentu saja tanpa pakaian sama sekali alias telanjang. Biasanya orang-orang memilih telanjang untuk berenang. Sampai abad 18 ‘pakaian renang’ pertama ditemukan. Awalnya tujuannya untuk menyembunyikan tubuh manusia atas pertimbangan moral.

Baju renang 1855

Sekitar tahun 1855,  baju renang yang muncul saat itu adalah padanan stocking hitam dan celana dalaman – disebut bloomers (celana tipis yang mengembang). Perempuan di era itu juga mengenakan dress hitam untuk menutupi lekuk tubuh.

Baju renang 1915 – 1930

Di era ini baju renang wanita sudah tidak terlalu tertutup seperti di abad 18. Bagian lengan terekspose dan pilihan warna tidak lagi hanya hitam. Meski modelnya masih menyerupai dress. Namun beranjak dari tahun 1920-an, pakaian renang wanita mulai berani menunjukkan lekuk tubuh mereka, alias memakai pakaian ketat, dan bagian tubuh lainnya, seperti bagian kaki.

Baju renang 1946

Di tahun itu, Jacques Heim dan Louis Reard (gambar) menemukan bikini, tapi tidak banyak yang berani untuk menggunakannya. Sebenarnya kemunculan bikini (two pieces) sudah ada sejak tahun 1600 SM. Di mana pada era itu, pakaian perempuan pada umumnya masih berupa penutup organ vital.

Baju renang 1990

Munculnya model baju renang kebanyakan (one piece) yang didesain oleh Carol Wior dan dipatenkan sebagai pakain renang wanita yang mutakhir, dengan model Slimsuit.

Dari setiap perkembangan baju renang perempuan di atas, model mana yang nyaman untuk wanita zaman sekarang?

Source: about.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: