Trik Agar Pagar Kayu Tahan Lama

Apa lagi fungsi cat kayu, selain diciptakan untuk material kayu? Tentunya untuk melindungi kualitas dan tampilan alami kayu yang terdapat di hunian Anda. Salah satunya adalah pagar kayu rumah Anda.

Kayu merupakan salah satu material yang unik. Tampilannya yang alami biasanya menjadi alasan utama orang menggunakan bahan ini untuk elemen rumah. Penggunaan kayu biasanya untuk kusen jendela dan pagar rumah. Meski pagar rumah terbuat dari kayu, bukan berarti rentan rusak dan tidak aman. Asalkan Anda memakai kayu berkualitas tinggi, tidak akan ada masalah.

Lantas, bagaimana Anda mengetahui bahwa pagar kayu cocok untuk diaplikasikan di pekarangan Anda? Itu dapat diketahui dengan memperhatikan tema dan desain rumah Anda sendiri.  Untuk menekankan kesan alami, pagar kayu bisa diberi ornamen penghias, seperti misalnya tanaman rambat yang dililitkan memanjang searah dengan panjang pagar. Ini juga bakal memberikan kesan yang unik bagi rumah Anda.

Cat Kayu untuk Pagar

Karena lokasinya di luar rumah dan intensitas cahaya matahari yang diterimanya tinggi, cat yang digunakan sebagai finishing (pelapisan tahap akhir) pagar, haruslah tepat. Karena itu pilihlah cat kayu yang tahan cuaca dan fleksibel terhadap perubahan cuaca.

Bila Anda menginginkan pagar kayu tetap terlihat alami, gunakan cat transparan. Cat ini tidak menutup permukaan kayu dengan “rapat” sehingga warna dan serat kayu masih terlihat. Sekalipun disebut transparan, cat transparan juga dapat memberikan warna pada kayu. Hanya saja warnanya tidak seperti cat solid. Sifat pewarnaannya hanya sedikit mengubah warna asli kayu—menjadi lebih terang atau gelap—dan tidak menutup serat kayu.

Selain cat kayu yang tahan perubahan cuaca, juga harus merupakan jenis cat yang memiliki proteksi terhadap sinar UV seperti cat politur khusus eksterior. Cat melamik kurang tepat digunakan sebagai pelapis pagar kayu karena tidak mempunyai proteksi sinar UV yang dihasilkan dari pigmen warna.

Aplikasi cat transparan pada pagar bertujuan untuk melindungi kayu dari sinar UV yang mengenai permukaannya. Bila terlindung, kayu tidak akan cepat lapuk dan berubah warnanya. Kayu yang warnanya coklat bila lama kelamaan terkena sinar bisa berubah menjadi keabu-abuan.

Sebaiknya permukaan kayu dicat ulang setelah 1 tahun. Pelapisannya cukup satu kali saja. Sebelum dilapis, amplas ambang terlebih dahulu dengan amplas no 400.

Source:www.fajar.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: