Merawat Koleksi Action Figures

Mengoleksi action figures bisa menjadi tanda kefanatikan kita pada tokoh cerita favorit.

Siapa yang tidak terkenang oleh cerita Mario Bross atau The Flash yang pernah tayang di RCTI, di kurun waktu 1990-an? Atau untuk zaman sekarang, mungkin kisah Doraemon, yang sampai saat ini masih diputar.

Supaya kenangan kita pada tokoh favorit tetap terjaga, biasanya mengikuti semua episode ceritanya belumlah cukup. Tidak lengkap kalau tidak sampai mengoleksi benda-benda yang menyerupai Mario Bross, The Flash, Doraemon, dan sebagainya, yang biasa disebut action figure.

Nilai koleksi action figure tidak hanya bisa menunjukkan kegilaan kita pada suatu tokoh. Ternyata action figure pun bisa menjadi produk yang bernilai jual tinggi, tergantung dari nilai keklasikan yang dimiliki. Tapi seklasik-klasiknya action figure kepunyaan Anda, atau selangka-langkanya item tersebut, tetap nilai jualnya akan berkurang bila Anda tidak mampu merawatnya dengan baik.

Saya akan beritahu bagaimana menjaga action figure Anda supaya selalu kelihatan baru, minimal 80 persen, look-nya oke.

1. Pilih Kotak Penyimpanan yang Aman

Bahan yang aman sebagai wadah penyimpanan action figure adalah kotak berbahan plastik yang kaku.  Sebaiknya satu kotak untuk satu action figures, jangan tumpang tindih. Bila tidak ada keinginan untuk menjadikan action figure sebagai pajangan, biarkan saja berada di dalam kotak aslinya.

2. Identifkasi

Sangat disarankan untuk menempelkan tag atau secari kertas di atas kotak penyimpanan yang memberi nama dan keterangan mengenai action figure tersebut, untuk mempermudah Anda saat sewaktu-waktu perlu infomasi item tersebut.

3. Simpan di kotak penyimpanan yang aman

Kondisi udara bisa memengaruhi action figure dan kotak penyimpanannya. Kondisi udara yang lembab bisa menjadi ‘ruang’ subur bagi jamur. Karena itu sebaiknya simpan di suhu ruangan.

4. Membersihkan secara berkala

Walau action figure bukan mainan yang sering kita gunakan, karena lebih sering sebagai pajangan, bukan berarti bebas debu dan kotoran. Sesekali direndam dalam air yang sudah dicampur dengan sabun cuci piring air. Tidak perlu digosok-gosok, cukup keringkan dengan lap bersih, agar warnanya tetap terjaga.

Kalau action figure koleksi Anda selalu tampil oke, sewaktu-waktu ada yang tertarik untuk membeli, dia pun pasti segan mempermainkan harga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: