Bersih-Bersih Mainan Anak

Beragam koleksi mainan anak dari toko mainan, menjadi bukti cinta pada buah hati kita. Karena memang di usia dini, kehadiran mainan sangat penting untuk membantu kita dalam melatih kemampuan bahasa dan motoriknya. Nah, supaya kasih sayang kita semakin sempurna untuk si kecil, perlu juga nih untuk sesekali membersihkan mainan-mainan yang sering digunakan.

Apalagi untuk anak-anak usia belita, ada kebiasaan kecil yang suka terlewat oleh kita, yaitu memasukkan benda-benda ke dalam mulut. Karena itu kita sebagai orang tua harus rajin menjaga kebersihan mainan anak. Bila perlu susunlah jadwal reguler untuk membersihkan mainan, yang bisa dilakukan secara bergantian dengan pasangan Anda.

Akan lebih baik lagi, jika setiap mainan dicuci sesudah atau sebelum digunakan. Lalu simpan dalam kotak yang bersih, agar aman dari debu dan kotoran. Dalam membersihkan mainan anak, sebaiknya dipisah-pisah berdasar material mainan tersebut. Untuk mainan yang berbahan plastik dan karet, bisa direndam di air yang sudah dicampur dengan sabun cuci piring lalu dikeringka dengan lap bersih.

Untuk mainan berbulu lembut Anda bisa membawa ke binatu atau laundry. Untuk rattle yang berbulu lembut Anda bisa mencucinya dengan busa deterjen lembut. Mainan anak yang berukuran besar, seperi ayunan dan prosotan, juga perlu untuk dibersihkan dengan disikat dengan sabun. Jangan lupa juga membersihkan kotak penyimpan mainan, paling tidak dengan dijemur bersamaan dengan dikeringkannya mainan yang selama ini mengisinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: