Double Entry dalam Program Akuntansi

Dalam program akuntansi ada pilihan double entry.  Double entry adalah fitur yang harus dimiliki dalam program akuntansi untuk tujuan apapun. Walau tidak diperlukan untuk kebutuhan manajemen keuangan pribadi, double entry juga bisa bermanfaat baik untuk program akuntansi yang mengatur keuangan pribadi.

Mengapa double entry itu penting, karena merupakan proses standar dalam program akuntansi yang memungkinkan setiap pencatatan transaksi direkam setidaknya dalam dua akun. Double entry dalam program akuntansi menyediakan metode yang lebih cepat untuk mengeceka keakuratan, karena ringkasan dari semua akun harus menunjukkan keseimbangan antara akun debit dan kredit.

Program akuntansi yang sangat baik adalah program yang menyertakan pencatatan double entry; tanpa fitur ini, seorang akuntan akan kesulitan mempersiapkan pembukuan akhir tahun dan catatan pajak.  Perangkat lunak keuangan pribadi tidak terlalu membutuhkannya, walau ada juga pilihan untuk menampilkan fitur ini.

Jenis-jenis double entry yang terdapat dalam program akuntansi adalah asset accounts, liability accounts, income accounts, dan expense accounts.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: